Mengaktifkan Ctrl+C (copy) & Ctrl+V (paste) Di Terminal Ubuntu - Pada standar terminal untuk copy dan paste harus menggunakan mouse/touchpad dengan mengklik kanan lalu pilih Copy/Paste. Sedangkan untuk Keyboard Shortcuts (Ctrl+C dan Ctrl+V) tidak aktif atau tidak berfungsi di terminal.


Cara Mengaktifkan Ctrl+C (copy) & Ctrl+V (paste) Di Terminal Ubuntu sbb :
1. Open terminal - Ctrl+Alt+T
2. Ketikkan perintah berikut di terminal :
gconftool-2 -s /apps/gnome-terminal/keybindings/copy -t str '<Ctrl>c'
gconftool-2 --type string --set /apps/gnome-terminal/keybindings/paste '<Ctrl>v'
3. Setelah perintah di masukkan, coba gunakan keyboard shorcuts-nya, jika belum bisa, restart dulu.
4. Jika sebelumnya "Ctrl+C" digunakan untuk Menghentikan suatu proses pada terminal, karena sudah diganti dengan fungsi "Copy" maka untuk menghentikan suatu proses di terminal, gunakan Shift+Ctrl+C.
5. Enjoy :)

12 komentar :

  1. trik2 ubuntunya sangat membantu..sampe saya baca dari awal.. terus diupdate ya blognya..keep blogging yaa..

    BalasHapus
  2. kx malah pas ngetik di terminal tombol c dan v malah g bs y gan,mohon bantuan nya :D

    trik2 nya bagus2 gan..lanjutkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gak berfungsi tombol c dan v??
      kok bisa?coba diulang dulu masukin perintahnya :)

      Hapus
  3. udah saya coba masukin perintah nya tapi tetep kalau pas msuk terminal tombol c dan v g berfungsi..

    kalau mau mengembalikan lagi kira2 gmn cara nya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya cari" cara untuk mengembalikannya, ternyata saya tidk menemukan mas bro.. karna kebanykan kasus, semua berhasil.

      oy coba gunakan perintah disini, karna saya liht agak berbeda dengan punya saya :)
      http://indrajatikusuma.blogspot.com/2012/02/ubuntu-cara-menggunakan-ctrl-c-copy-dan.html

      Hapus
    2. Setelah saya utek2 bro saya sama in perintah yg bro tulis ma perintah yg di link yg bro kasih,perintah bro rezdown ada yg kurang :)

      perintah brow rezdown :

      gconftool-2 -s /apps/gnome-terminal/keybindings/copy -t str 'c' (ini berarti menganti tombol 'c' menjadi fungsi copy tanpa pencet ctrl)

      seharusnya :

      gconftool-2 -s /apps/gnome-terminal/keybindings/copy -t str '< ctrl >c'

      (ini baru ctrl+c buat fungsi copy di terminal) :D

      PASTE nya yg benar jadi :

      gconftool-2 --type string --set /apps/gnome-terminal/keybindings/paste '< ctrl >v'

      (spasi antara '<>' di ctrl di hapus dulu y :D)
      (paste mya ctrl+v) :D


      udah saya coba dan berhasilll ,heehe :D
      salam kenal brow :)

      Hapus
    3. terimakasih infonya, ternyata postingan di blog saya tidk membaca < > makanya perintah yang saya masukkan kurang.

      Hapus
    4. oh ternyta harus menggunakan kode html &lt ;=< agar bisa, klo langsung menekan tombol keyboard tidk terbaca :D

      Hapus
  4. iya gan di komentar jg g bs kalau dengan ada tanda < > :D

    BalasHapus
  5. Thanks gan, berhasil

    BalasHapus
  6. Maaf, saya punya masalah yg sama dengan ctrl (sebelah kiri) + c ga berfungsi dilaptop, cuma masalahnya os windows, bukan ubuntu.. Mohon pencerahannya

    BalasHapus

Dimohon Untuk Tidak Melakukan KOMENTAR SPAM!!
- Memasukkan Link Aktif
- Promo/Iklan
- Komentar Tidak Sesuai Postingan
- Posting Berualang-Ulang

Tiket Pesawat Murah - Promo

Kaos Dakwah Islami

Kaos Dakwah Islami