Beberapa Hal Yang Dilakukan Setelah Install Ubuntu - Kali Ini saya akan membagikan tentang hal-hal apa saja yang saya lakukan setelah menginstall ubuntu 12.04 LTS. Berhubung ini hanya pengalaman pribadi, jadi anda bisa mengambil hal-hal yang menurut anda penting saja.



1. Hal yang paling utama dan wajib adalah mencari koneksi internet, baik itu LAN, Wifi atau USB Modem. tapi untuk modem ada beberapa tahap penginstallan tangantung jenis, type dan versi modem. untuk sementara silahkan anda googling sesuai modem anda.

2. Jika sudah tersedia koneksi internet untuk ubuntu anda, saatnya untuk Update Ubuntu, Bisa menggunakan Update Manager (search di Dash Home) atau menggunakan perintah melalui terminal. untuk membuka terminal tekan Ctrl+Alt+T, untuk upgrade ketikkan kode berikut :
sudo apt-get upgrade
3. Menginstall Ubuntu Restricted Extras, dengan cara jalankan ke "Ubuntu Software Center" jika telah masuk pada kolom pencarian ketikkan "Ubuntu Restricted" jika telah muncul bisa langsung menginstall dengan cara menklik tombol install atau ke menu File --> Install

 
Untuk via terminal copas kode berikut :
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras
Ubuntu Restricted Extras berguna agar kita dapat memutar file dengan format-format tertentu seperti  MP3, MP4, MPEG, AVI, Flash dan lain-lain.


4. Berikutnya menginstall Ubuntu Tweak untuk konfigurasi ubuntu, seperti mengubah Unity, Font, Theme, Icon, serta untuk membersihkan Ubuntu.dll caranya sbb:
sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak
 5. Install VLC Media Player, vlc adalah software media player yang sangat populer untuk memutar berbagai macam format file video dan file audio.
Untuk menginstalnya bisa melalui "Ubuntu Software Center" atau via Terminal dengan meng-copas kode berikut :
sudo apt-get install vlc

6. Install Cheese Webcam Booth, ini adalah aplikasi webcam. Kita bisa memotret, membuat video dan memberikan efek-efek tertentu. aplikasi ini dapat diinstall melalui "ubuntu software center" atau melalui terminal dengan meng-copas kode berikut :
sudo apt-get install cheese
7. Install Google Chrome atau Chromium, Chrome adalah salah satu webbrowser populer saat ini, untuk menginstall bisa melalui "Ubuntu software center" atau melalui termina dengan megcopas perintah berikut :
sudo dpkg -i Download/google-chrome-stable_current_i386.deb
8. Mengintall Adobe Flash Player, Flash Player berfuguna agar kita bisa memutar video di web browser, bermain game flash dan lain-lain yang berhubungan dengan format Flash. Untuk menginstallnya bisa melalui "ubuntu software center" atau melalui terminal dengan menggunakan kode berikut :
sudo apt-get install flashplugin-installer

9 komentar :

  1. wah gan membantu sekali yg kmarin saya migrasi dr windows ke ubuntu :) ternyata ada keunikan dan keindahan tersendiri untuk ubuntu :) skalian blajar2 buat yg suka programmer apa lg yg mau masuk )T . hehe

    sekedar berbagi video buatan ane sendiri . silahkan di komen gan kekurangannya :) agar bisa di perbaiki

    http://www.youtube.com/watch?v=pjHhGaM59Ig

    BalasHapus
  2. terimakasih nih mas sudah berbagi tipsnya..
    nih kalau mau update'in salah satu softwarenya gimana mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas bro :)
      kalau upgrade ubuntu biasanya ada software juga yang terupdate, tapi klo saya mau update software yang tersedia update-nya biasanya saya install seperti softwarenya langsung :D

      Hapus
  3. Alhamdulillah dan makasih atas ilmunya...

    BalasHapus
  4. thanks gan...
    penting banget ini bagi newbie ubuntu seperti ane...

    BalasHapus
  5. mas, mau tanya instalnya itu pakai koneksi internet tidak?
    soalnya dirumah nggak ada koneksi internet

    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  6. Gx usah pake internet jg gpp.. Nanti kan bisa d upgrade n update lg..

    BalasHapus

Dimohon Untuk Tidak Melakukan KOMENTAR SPAM!!
- Memasukkan Link Aktif
- Promo/Iklan
- Komentar Tidak Sesuai Postingan
- Posting Berualang-Ulang

Tiket Pesawat Murah - Promo

Kaos Dakwah Islami

Kaos Dakwah Islami