Sunday, May 5, 2013

Tata Cara Wudhu Rasulullah SAW Berdasarkan Hadits | Video

Tata Cara Wudhu Rasulullah SAW Berdasrkan Hadist/Sunnah | Video - assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah video tentang bagaimana cara Rasulullah berWudhu dan beberapa keutamaan dan manfaat dari berwudhu. Semoga bermanfaat.

Sebelum melihat videonya, ada baiknya kita melihat ayat Al Qur'an dan hadits berikut ini :
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki." (Q.S. Al-Maidah : 6).
"Dari Rasulullah saw. beliau bersabda: Salat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima apabila ia berhadas hingga ia berwudu." (H.R. Abu Hurairah ra). 
Berwudhu tidak hanya dilakukan saat ingin mengerjakan Shalat, tetapi saat ingin memegang Al-Qur'an dan disunnahkan juga berwudhu sebelum tidur, dan menjaga wudhu setiap saat.
Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci,” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)
 Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Istiqomahlah kalian, walaupun kalian tidak akan mampu melakukannya secara hakiki (namun berusahalah mendekatinya), dan ketahuilah sebaik-baik amalan kalian adalah sholat, dan tidaklah ada yang MENJAGA WUDHU kecuali dia seorang mukmin.” (HR. Al-Hakim dan Ibnu Hibban dari Tsauban radhiyallahu’anhu, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’: 952)
Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- dari Nabi SAW beliau bersabda:
“Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah, tangan, dan kaki yang bercahaya karena bekas-bekas wudhu mereka. Karenanya barangsiapa di antara kalian yang bisa memperpanjang cahayanya maka hendaklah dia lakukan.” (HR. Al-Bukhari no. 136 dan Muslim no. 246)
Maksud memperpanjang wudhu adalah mengusahakan agar dirinya selalu suci dengan cara selalu berwudhu setiap kali wudhunya batal walaupun tidak sedang akan shalat.
 Tata Cara BerWudhu Rasulullah SAW :
( HR.MUSLIM No:346 )
Hadis riwayat Abdullah bin Zaid bin Ashim Al-Anshari ra.: Dia pernah diminta berwudu seperti wudu Rasulullah saw., Lalu ia minta air sebejana, kemudian menuangkannya pada kedua tangannya dan membasuhnya tiga kali. Setelah itu ia masukkan tangannya lalu mengeluarkannya, berkumur dan menghirup air ke hidung dari satu telapak tangan. Ia mengerjakannya tiga kali. Sesudah itu ia memasukkan tangannya lalu mengeluarkannya, kemudian membasuh wajahnya tiga kali. Setelah itu memasukkan tangannya lalu mengeluarkannya, kemudian membasuh kedua tangannya sampai siku masing-masing dua kali. Lalu memasukkan tangan lalu mengeluarkannya, kemudian mengusap kepala. Ia mengusapkan kedua tangannya ke depan lalu ke belakang. Setelah itu membasuh kedua kakinya sampai mata kaki, dan berkata: Demikianlah wudu Rasulullah saw
Berikut adalah videonya
Untuk mendownload video silahkan klik DISINI

Diawali dengan membaca Bismillah dan Diakhiri dengan do'a
 “Tidak sempurna wudhu’ yang tidak dimulai dengan membaca asma Allah (bismillah).”
(H.R At-Tirmidzi 56)
“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, Allahummaj ‘alni minat tawwabiin waj’alni minal mutathahhiriin.”
Artinya: “Saya bersaksi bahwa tiada ilaah yang berhak disembah dengan benar selain Allah semata tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Yaa Allah jadikanlah hamba termasuk orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri.
Sedikit Keterangan :
1. Mencuci telapak tangan sebanyak (3x)
2. Berkumur-kumur sambil menghirup air ke hidung (dilakukan sekaligus) dan mengeluarkannya sebanyak (3x)
3. Membasuh wajah sebanyak (3x)
4. Mencuci kedua tangan sampai siku sebanyak (3x)
5. Mengusap kepala dan kedua telinga sekali (1x) usap
6. Mencuci kedua kaki sampai mata kaki sebanyak (3x). Pastikan tumit dibasuh.

Rangkuman Hadits Tentang Keutamaan Wudhu


Mohon maaf atas segala kekurangan

Daftar Halaman | Daftar Isi | Guest Book | Donate | Followers |
| Laporkan jika terdapat masalah pada tutorial |
Related Post

No comments:

Post a Comment